RESENSI BUKU KITAB CINTA DAN PATAH HATI


RESENSI BUKU

Oleh Betty Permana
Judul Buku : Kitab Cinta dan Patah Hati
Penulis : Sinta Yudisia
Editor : Mastris Radyamas
Penerbit : Indiva
Cetakan : I. Rajab 1434 H./Juni 2013
Tebal : 348 halaman.; 19 cm.
ISBN : 978-602-8277-99-0

Cinta merangkum sekian banyak ekspresi dan emosi, hingga tak mudah mendefinisikan kecamuk; resah, gulana, waswas, khawatir, cemburu, sekaligus bahagia, kegembiraan kanak-kanan, optimisme, dan keriangan yang kadang tak terkendali.
Mereka yang merasakan cinta melihat warna hidup lebih berbeda. Mendung bukan kelabu, namun pertanda hujan. Hujan bukanlah basah kuyup, tapi aura romantisme. Panas tidaklah terik, namun rasa hangat yang melempangkan waktu untuk bertemu. Lelah bukan pertanda letih, sebaliknya ujicoba kesungguhan kesetiaan.

Itulah secuplik isi dalam buku “Kitab Cinta dan Patah Hati”, karya Sinta Yudisia. Seorang penulis lebih dari empat puluh buku. Baik Novel maupun buku seperti yang satu ini. Seperti judulnya, buku non fiksi ini berisikan seputar cinta dan juga patah hati. Tidak sekadar mengulas definisi dan tabiat-tabiat orang yang sedang fall in love atau broken heart, buku ini menawarkan sisi yang berbeda. Seperti pada bagian cinta yang memuat lagi sepuluh bagian. Buku ini membahas proses terjadinya cinta secara ilmiah dan psikologis. Bagi pembaca yang akademis, akan menyukai teori-teori akurat ini untuk dijadikan ilmu yang bermanfaat. Ini mengubah pemikiran orang-orang tentang cinta yang selalu dekat dengan perasaan atau just feel.

Mari kita intip sedikit lembaran demi lembaran pada buku apik ini. Dibuka dengan pengantar petikan syair Jalaluddin Rumi. Jalaluddin Rumi sendiri merupakan penyair tersohor dari negeri Afganistan yang lahir di Balkh pada tanggal 6 Rabiul Awwal tahun 604 Hijriah, atau tanggal 30 September 1207 Masehi. Di bagian mula buku ini tampak layaknya buku-buku non fiksi pada umumnya. Mendefinisikan cinta baik dari segi harfiah maupun filosofi budaya dari berbagai penjuru dunia. Bergeser ke lembar selanjutnya, kita akan di hadapkan dengan sebuah pertanyaan,” Apakah Ini Cinta?” Dalam buku ini diulas mengenai Interpersonal Attraction, Triangular Love menurut Robert Stenberg, Skala Cinta Zick Rubin hingga kita yakin benar-benar cinta atau sekadar suka?

Masuk kebagian ketiga, Pada bagian ini, pembaca lebih memahami bagaimana cinta itu bisa datang. Tentu bukan soal perasaan tapi bagaimana kerja ilmiah buku ini mulai menambah pengetahuan kita tentang bagaimana kinerja hindbrain, midbrain, dan forebrain sampai ke limbic system dimana limbic system adalah pusat lokasi emosi. Seperti kita tahu emosi bukan tentang kemarahan melainkan perasaan seseorang, artinya bisa senang bisa sedih, bisa suka, atau tidak suka, bahkan bisa benci atau cinta. Lengkap dengan gambar-gambarnya. Sangat bagus untuk dijadikan referensi.
Pembahasan selanjutnya di bagian cinta; Perilaku Cinta, True Love, Cinta Sejati, Menemukan Cinta Sejati (ini bagian menarik), Menjalankan Cinta dan Mempertahankan Cinta (bagian ini tambah menarik), Di mana Kau Cinta (bagian ini jadi seru)?, Kisah Cinta Sejati; Hati terjalin, Sejarah Terukir.

Kita buka lembaran selanjutnya, “Patah Hati.” Cocok buat yang sedang galau ditinggal tunangan, upst! Bagian pertama dalam part Patah Hati ini sama seperti part Cinta, mendefinisikan apa itu patah hati. The next chapter ada; Bila Harus Patah Hati, Patah Hati Dari Mana Harus Memulai?, Obat Patah Hati, Kisah-Kisah Patah Hati, Legenda Literatur Klasik Cinta dan Patah Hati. Tiap bagiannya manarik untuk dibaca, dan dipahami. Dalam buku ini juga digoreskan kisah-kisah sejati dan juga patah hati yang dari tadi harus saya katakan menarik sekali. Tidak sekadar mengenal Romeo and Juliet, kita akan diajak mengenal sisi yang berbeda dari Nepoleon Bonaparte. Cleopatra dan Marc Antony, Cleopatra yang terkenal dengan kecantikannya. Cleopatra merupakan salah satu keturunan Dinasti Ptolemaik dari Yunani. Nama Cleopatra sendiri disematkan sebanyak tujuh kali, mulai dari Cloepatra I hingga Cleopatra VII. Tetapi yang disebut sebagai Cloepatra dengan kecantikan Dewi Venus adalah Cloepatra terakhir. Pascal menggambarkan kecantkan Cleopatra secara matematis,”Andai hidung Cleopatra sedikit lebih pendek, dia tak akan mengguncang dunia.” Kisah lengkapnya yang seru dapat Anda arungi dalam buku bernuansa merah jambu dan ungu ini.

Tak hanya mengenal kisah indah dalam peradaban Eropa-Barat, buku yang dikemas dengan gambar bunga-bunga ini pun menangkupkan kisah cinta agung Rosulullah beserta para istrinya, Utsman bin Affan dan Nailah binti al Farafishah-Pedang yang Memisahkan Cinta, Idris bin Abbas bin Usman bin Syafii dan Fathimah binti Ubaidillah, siapa yang tak mengenal kitab Al Umm, salah satu kitab fikih terkenal karya Imam Syafii? Perjalanan cinta beliau dengan istrinya yang juga seperti ibu dan keluarga, yang tegar tak pernah mengeluh, memberikan yang terbaik untuk suaminya, sehingga tak pelak Imam Syafii lahir dan tumbuh menjadi alim ulama. Lalu kisah yang terkenal dengan kemegahan arsitektur bangunan di negara Sungai Gangga, Shah Jahan dan Mumtaz tak terlewatkan untuk diabadikan dalam buku ini. Kisah lainnya ada Umar bin Abdul Aziz dan Fathimah binti Abdul Malik bin Marwan: antara Giwang Mariah dan Red Jewel of Soul, sebuah kisah manis dari putri yang memiliki ayah seorang pemimpin negara yang menguasai Syam, Irak, Yaman, Iran, hingga Mesir, Sudan, Al jazair, Tunisia, dan Spanyol. Sangat tak terbayangkan sebuah cinta sederhana mamapu membuat seorang perempuan jelita, terhormat, bernasab mulia, dengan perlindungan sempurna dari ayah dan kerabat laki-lakinya lebih memilih seorang pendamping yang bahkan tak memberikan rasa kenyang dan layak. Sejumput kisah Abu Darda’ dan Hujaimah binti Huyay: Meminang untuk Surga, benar-benar membuat Anda lebih terkesan tentang seorang Hujaimah yang masih muda dan cantik yang ditinggal Abu Darda untuk selamanya, demi surga dan tetap menjadi sepasang kekasih di surga. BUKU

Tinggalkan komentar