Serunya Musim Panas Keliling Melbourne!


melbourn

Keterang gambar : hasil googling, semoga berkenan.

Hai, backpacker lovers! Kali ini saya akan mengajak backpacker lovers untuk intip serunya wisata ke Australia!

Australia adalah negeri yang identik dengan hewan berkantongnya. Negara ini merupakan negara yang memiliki empat musim. Musim panas di Australia sekitar bulan Desember hingga Januari. Seperti negera empat musim lainnya, biasanya liburan sekolah berada saat musim panas. Kali ini saya ingin membahas kota terpenting kedua dari segi bisnis dan kedua terbesar di Australia serta kota terbesar di Victoria, apa lagi kalau bukan Melbourne!

Melbourne adalah ibu kota negara bagian Victoria di  Australia. Melbourne terletak di dekat teluk besar alam, yaitu ‘Port Philip Bay’. Pusatnya berada di muara sungai Yarra, dengan kawasan pinggiran di sekitar teluk ke arah timur dan barat.

Curah hujan rata-rata tahunan untuk Melbourne sekitar 600mm. Juni dan Juli adalah bulan-bulan paling dingin, dan Oktober bulan paling sering hujan. Suhu udara tertinggi Melbourne biasanya terjadi di bulan Januari dan Februari, di mana cuaca umumnya kering dan panas dengan suhu rata-rata berkisar antara 15 – 26°C.

Beberapa objek wisata yang seru untuk dikunjungi mengisi musim panas di Australia khususnya liburan musim panas di Melbourne adalah sebagai berikut :

  1. Queen Victoria Gardensmel2

Queen Victoria Gardens terletak di dekat Melbourne yang masih menjadi bagian dari Domain Parklands, selain Royal Botanical Garden, Kings Domain, dan Alexandra Garden. Taman yang terletak di St. Kilda Road ini juga kerap disebut sebagai Queen Victoria Memorial karena banyak ornamen taman yang sangat erat kaitannya dengan Ratu Victoria ini.

Untuk menuju Queen Victoria Garden ini, backpacker lovers tidak perlu khawatir akan kesusahan mencari petunjuk sebab selain mendapatkan petunjuk di Melbourne Visitor Centre yang letaknya di sekitar Federation Square. Transportasi di Melbourne  tidak menyulitkan pengunjung yang masih awam.

Jika  berasal dari kawasan Federation Square, maka backpacker lovers hanya tinggal menyebrangi jembatan dan tinggal lurus saja hingga menemukan taman  hijau nan luas. Backpacker lovers bisa mencoba layanan gratis dari pemerintahan Melbourne yaitu Melbourne City Tourist Shuttle Bus yang khusus diperuntukkan kepada turis yang ingin mengunjungi tempat-tempat wisata andalan kota ini.

2. Yarra River Melbourne

yarra-river

Melihat indahnya Melbourne melalui sungai Yarra. Kita akan diajak berkeliling Melbourne dengan menggunakan kapal. Kendaraan yang biasa digunakan turis  berupa Classic Steamboat Cruises, sesuai namanya kita dapat menikmati pemandangan kota Melbourne di atas perahu klasik ala tahun 1924. Selain itu ada juga Melbourne River Cruises yang memiliki suasana berbeda, memiliki konsep lebih modern. Berkisar 11.3 km dari Moonlit Sanctuary Wildlife Conservation Park. Akses / transportasi menuju kawasan ini salah satunya adalah dengan naik kereta yang berhenti di stasiun Flinders Street. Melihat keindahan ini, kita sedikit tahu bahwa mereka memiliki budaya bersih dari pada sungai yang ada di negara kita. Semoga ke depan sungai-sungai di negeri ini dapat terlihat indah ya backpacker lovers!

3. Pearcedale Moonlit Sanctuary

Backpacker lovers ingin lihat koala? Atau Kanguru?? Iyapz, di sini backpacker lovers bisa mewujudkannya! Yeay! Tempat ini beralamat di 550 Tyabb-Tooradin Rd, Pearcedale VIC 3912 , dekat dengan kawasan Melbbourne. Bisa naik kereta jalan Flinders. Kita juga bisa melihat Wallaby atau kanguru kecil dan berbagai hewan khas Australia lainnya.

mel

4. Museum Melbourne

mel3

Di Melbourne ada cukup banyak pilihan museum, mulai dari museum Galeri Nasional Victoria, National Sport Museum, Backwoods GalleryAustralian Racing Museum, Museum Melbourne, dan masih banyak yang lainnya! Di Museum Melbourne kita bisa gunakan waktu untuk berjalan-jalan melihat koleksi flora dan fauna yang di tata dengan modern dan apik. Kita juga dapat melihat berbagai jenis serangga dan beragam jenis kupu-kupu. Ada pula rangka dinosaurus yang raksasa, sangat keren untuk berfoto ria! Selain itu, museum ini memuat sejarah suku Aborigin, suku khas Australia.

5. Great Ocean Road

Tempat yang saaangat indah, seru, yang bisa kita kunjungi saat musim panas di Melbourne adalah Great Ocean Road. Rugi kalau nggak ke sini. Backpacker lovers bisa menggunakan jasa tour atau jasa travel http://www.hisgo.co.id/Contents/index.aspx untuk memudahkan menuju kawasan ini. Ada opsi menarik untuk menuju ke kawasan ini dengan menggunakan HIS http://his-travel.co.id/  backpacker lovers bisa visit linknya.

Great Ocen Road merupakan destinasi wisata yang menakjubkan dan merupakan National Heritage Australia , 151 mil bentangan jalan di sepanjang pantai selatan-timur Australia antara kota Victoria Torquay dan Allansford. Dibangun oleh tentara antara tahun 1919 dan 1932, didedikasikan untuk tentara yang tewas selama Perang Dunia I, peringatan perang terbesar di dunia. Meski memiliki cerita yang menyedihkan, tapi destinasi ini  menyuguhkan pemandangan yang indah. Berkelok-kelok melalui berbagai medan sepanjang pantai dan menyediakan akses ke beberapa landmark yang menonjol, termasuk Twelve Apostles formasi batu kapur tumpukan, seperti Grand Canyon (menurut pendapat penulis, hehe), sebelum sampai Twelve Apostles kita juga melewati Wild Kangaroo pemandangan rerumputan indah, menuju London Bridge kita melewati jalan yang sangat tidak biasa seperti di negeri sendiri (ya, iyalah) ada pepohonan berwarna merah berbaris mewarnai jalan yang indah, dan akhirnya kita menemukan pantai! Tentu dengan pemandangan yang indah dari alam.

mel5

6. Queen Victoria Market

Terakhir, Queen Victoria Market. Ini pasarnya Melbourne! Kalau ke Melbourne belum valid kalau nggak berkunjung ke sini. Menurut informasi yang di dapat, wisatawan Indonesia yang ke Melbourne biasanya mengunjungi tempat ini. Pasar yang bersih, rapi, tertata. Backpacker lovers bisa beli oleh-oleh di sini! Akses menuju ke pasar ini bisa menggunakan Tourist Shuttle Bus Gratis atau naik trem.

vic

Eits, buat backpacker lovers yang suka kulier, jangan lupa juga mumpung masih di Melbourne alias Australi, kita bisa cobain beberapa makanan khas seperti Lamington dan Damper. Lamington terbuat dari sponge cake yang dilapisi dengan cokelat dan ditaburi dengan kelapa parut kering. Lamington juga sering dikenal sebagai makanan nasional Asutralia. Sedangkan Damper roti yang terbuat dari tepung gandum, dan merupakan roti tradisional Australia.

Selain itu, makanan yang juga sering dijumpai (hasil wawancara singkat dengan seorang teman yang pernah di sana) adalah toas atau roti bakar ditemani kopi atau susu. Namun berdasarkan pencarian info, makanan yang benar-benar khas belum dapat saya temui di jelajah googling karena saya belum pernah ke sana, hanya beberapa makanan Asia ketika saya berusaha mencari makanan yang benar-benar khas di Melbourne. Tapi dari apa yang saya baca, sepertinya mereka suka makan roti dan juga minum bir atau kopi. Sandwich, spaghetti, chicken salad banyak dijumpai saat makan siang.

Semoga bermanfaat, dan membuat backpacker lovers tertarik pergi ke Melbourne!

Oya dari semua ulasan di atas, saya punya pilihan menarik untuk wisata ke Austalia dengan open link ini  http://his-travel.co.id/australia

https://kawaiibeautyjapan.com/campaign/present-22/track.js

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

#HISAustraliaTrip

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s