Si Pemimpi Dari Bumi Jawa


Jpeg

Tabik pun…! Ya pun…!

Hai, readers! Kali ini pada tema #MudaBikinBangga  saya akan mengupas sosok mudi  yang semangatnya, membuat saya tertegun. Mungkin saya belum semampu dia. Mampu dalam artian, mampu menciptakan mimpi. Apakah mimpinya? Dan siapakah mudi ini?

Namanya Ranti Suci Lestari. Orang keturunan Jawa yang lahir dan besar di Lampung. Terlahir dari orang tua yang mata pencahariannya sebagai buruh, tak membuat mimpinya lesap ditelan keadaan. Satu mimpinya, bisa kuliah! Mungkin banyak cerita jenis ini, akan tetapi saya menjadi saksi hidup, menyaksikan secara langsung sedari ia lulus sekolah hingga sekarang ia sudah menempati semester skripsi  alias semester akhir. Tentunya dengan segala cerita suka duka menjalani perkuliahannya.

Orang tua dan Keluarga menentang

Orang tuanya menyekolahkan mudi ini di sekolah kejuruan tak lain, supaya bisa cepat cari kerja tanpa perlu kuliah. Akan tetapi, ia memiliki pandangan lain, dan keluarga tidak mendukung, karena tidak bisa membiayai perkuliahan. Sehari-hari ibunya menjual bakpao dan kue basah lainnya di sebuah pondok, tidak mesti habis. Ayahnya, seorang buruh angkut dengan mobil truk, ia juga masih memiliki adik yang wasih berkewajiban untuk disekolahkan. Dengan kondisi itu semua ia siap mengambil segala resiko. Ia pun memilih kuliah. Ia ingin mengubah hidup, mengubah semuanya. Ingin membuktikan jika ia bisa sukses, tidak hanya dengan tamat sekolah.

Ia kuliah. Sekilas tampak biasa saja. Tapi di balik itu, ia berusaha bagaimana caranya agar bisa membiayai kuliahnya dengan tanpa uang orang tua. Ia beberapa kali melakukan bisnis. Sambil kuliah ia sambil berjualan. Berjualan air kesehatan a.k.a ka*gen wa*er dan rajut buatannya! Ia juga mendapat beasiswa bidik misi! Beasiswa bidik misi adalah beasiswa yang diberikan kampus untuk mahasiswa berprestasi dan mampu mempertahankan IPKnya.

Walau ia sibuk mempertahankan IPKnya, hal itu tak membuatnya menjadi mahasiswa individualis yang hanya memikirkan diri sendiri dengan study oriented. Ia menambah skillnya di berbagai organisasi. Bisa kita bayangkan bagaimana capeknya? Seiring berjalannya waktu, ayahnya sempat sakit selama sebulan di rawat. Dan mengharuskan untuk cuci darah dua kali dalam seminggu mulai saat itu dan sampai hari ini. Kesehatan ayahnya yang seperti itu sangat memperngaruhi kondisi ekonominya. Tapi ia tetap tegar menghadapi semuanya, seolah biasa saja.

Ia tetap bisa mempertahankan IPKnya untuk mendapatkan beasiswa bidik misi, dan juga sempat IPKnya naik dari 3 koma sekian menjadi 4,00. Selain itu, ia mendapatkan kesempatan beasiswa lagi dari sebuah bank, dan membuatnya menjadi terbantu untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Ranti, sebagai mahasiswi yang aktif di berbagai kegiatan, ia tetap melakukan solat lima waktu, berusaha menjadi pribadi yang tidak hanya berusaha dengan tenaganya, tapi juga dengan kuasaNya. Itu semua karena rasa syukurnya kepada Allah yang telah memberikan kesempatan dan kekuatan. Prestasinya apakah cukup sampai di situ? Tidak!

Ia hobi menulis dan tulisannya telah terbit di sebuah situs bonafit sebut saja An-nida Online dan beberapa sudah terbit menjadi buku kumpulan cerpen bersama teman-teman penulisnya. Sebentar lagi, ia akan mencapai cita-citanya, jadi sarjana! Tapi sebelum sukses dengan citanya, ia sudah lebih dulu sukses, sukses menginspirasi orang yang ada di sekitarnya, dan semoga pembaca blog ini pun terinpirasi! Doakan ia sukses ya!

Kata motivasi mudi kelahiran 9 Juli 1994 adalah “Kerikil dan bebatuan tak ‘kan hilang dari tanah, menapakinya adalah jalan terbaik, karena tak ada pencapaian di tengah perjalanan!”

rr

 

Oya, buat reader, jangan lupa pasang aplikasi Kurio, karena reader bakal dapat info-info terkini dan keunggulannya adalah tidak propokatif dan no hoax, lho! Bagus buat kita generasi muda Indonesia yang hobi nulis blog seperti saya!

kr

Iklan

2 pemikiran pada “Si Pemimpi Dari Bumi Jawa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s